Frase Verba Bahasa Mandar Majene

Bahasa Mandar Majene adalah salah sastu dialek Bahasa Mandar yang digunakan di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat yang dulunya wilayah Sulawesi Selatan.

Bahasa Mandar Majene struktur frase verba yang unik bila dibandingkan dengan struktur frase verba bahasa lainnya. Sampai saat ini frase verba Bahasa Mandar Majene belum dideskripsikan secara tuntas dan mendalam, sehingga kita belum memiliki gambaran yang jelas bagaimana proses pembentukannya dan apa fungsinya dalam kalimat.

Sebelum menjelaskan tentang pengertian frase verba itu sendiri, terlebih dahulu perlu dijelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan frase. Sudah banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli bahasa, khususnya ahli bahasa TG. Namun disini akan dikemukakan hanya definisi Samsuri (1985:93) yang mengatakan bahwa frase ialah satuan sintaksis terkecil yang merupakan pemadu kalimat.

Dari apa yang dikemukakan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa frase dapat merupakan satu kata atau kelompok kata yang berintikan salah satu kategori kata yang ada dalam satu bahasa dan yang mempunyai fungsi graramatikal tertentu dalam kalimat…..


Sumber: http://datastudi.wordpress.com/2010/10/26/frase-verba-bahasa-mandar-majene/

Blog, Updated at: 00:42

0 komentar: