Sunah-Sunah di Hari Raya Idul Fitri

1 Syawal, umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hari ini adalah hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa di bulan Ramadan.

Ada beberapa sunah yang dianjurkan dalam merayakan Idul Fitri. Dikutip dari Majmu’ Fatawa Fathul Bari karya Ibnu Rajab setidaknya ada enam sunnah yang dianjurkan, yakni;

1. Mandi Sebelum Melakukan Shalat Id

Dari Malik dari Nafi’, Ia berkata bahwa Abdullah bin Umar dahulu mandi pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke mushalla (lapangan). (Shahih, HR. Malik dan Asy-Syafi’i)

2. Memakai Wewangian

Dari Musa bin ‘Uqbah, dari Nafi’ bahwa Ibnu ‘Umar mandi dan memakai wewangian di hari Idul fitri.” (HR. Al-Firyabi & Abdurrazzaq)

3. Memakai Pakaian Bagus dan Baik

Dari Abdullah bin Umar bahwa Umar mengambil sebuah jubah dari sutera yang dijual di pasar maka dia bawa kepada Rasulullah Muhammad SAW. Lalu Umar RA berkata: “Wahai Rasulullah, belilah ini dan berhiaslah dengan pakaian ini untuk hari raya dan menyambut utusan-utusan.”

Rasulullah SAW pun berkata: “Ini adalah pakaian orang yang tidak akan dapat bagian (di akhirat)….” (HR. Bukhari)

Arti hadist nabi menganjurkan memakai pakaian baru atau yang baik. Namun bagi pria diharamkan memakai sutera.

4. Makan Sebelum Berangkat Shalat 'Ied

Adalah Rasulullah tidak keluar di hari fitri sebelum beliau makan beberapa kurma. Murajja‘ bin Raja‘ berkata: Abdullah berkata kepadaku, ia mengatakan bahwa Anas berkata kepadanya: “Nabi memakannya dalam jumlah ganjil.” (HR.Bukhari)

5. Pulang dari Shalat berbeda Jalan

Rasulullah SAW, apabila di hari 'Ied, beliau mengambil jalan yang berbeda. (HR. Bukhari)

6. Ucapan Selamat Saat Hari Raya

Ibnu Hajar mengatakan: ‘para sahabat Rasulullah SAW bila bertemu di hari 'Id, sebagian mereka mengatakan kepada sebagian yang lain.
Semoga Allah menerima (amal) dari kami dan dari kamu.
Ari Purwanto
Semoga Bermanfaat
Sumber: http://lantora-kalawa.blogspot.com/2013/08/sunah-sunah-di-hari-raya-idul-fitri.html

Blog, Updated at: 02:20